Bapak Ini Menyesal Akibat Salah Desain Toilet – Home Cleaning

Bapak Ini Menyesal Akibat Salah Desain Toilet

Pentingnya Ventilasi Kamar Mandi

Home Cleaning – Masih ingat kasus penyekapan di Pulomas Jakarta yang para penghuninya disekap di ruangan tertutup berukuran 1,5 x 1,5 meter persegi tanpa ventilasi udara yang membuat 6 dari 11 orang meninggal dunia mungkin akibat kehabisan oksigen karena dikurung sekitar belasan jam. Walau ada exhaust fan, tapi tidak bisa membantu dikarenakan lubangnya kecil memang mati karena biasanya arsitek merancang exhaust fan akan menyala bilamana saklar lampu dinyalakan.

Pelaku mematikan saklar lampu kamar mandi. Padahal saklar tersebut tersambung dengan exhaust (kipas ventilasi udara) di kamar mandi. Tak ayal, lantaran exhaust mati, oksigen pun tak ada.

Demikian penjelasan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Mochammad Irawan saat beberkan kronologi perampokan dan pembunuhan di Pulomas Jakarta.

Ada tidaknya ventilasi udara tergantung pemilik rumah yang merancang atau menyewa jasanya. Arsitek dalam Undang-undang harus menjamin keselamatan orang dalam bangunan, tetapi dalam berbagai kasus tergantung maunya pemilik rumah. Kalau begini siapa yang disalahkan? Mungkin mereka menganggap paling kamar mandi digunakan tidak lebih dari 5 menit, Lagian toh paling sendirian.

Kamar mandi di perkotaan umumnya tanpa jendela dikarenakan keterbatasan tempat dan diletakkan di ruang belakang. Selain harus menjaga kebersihannya, kamar mandi juga harus diperhatikan ventilasi udara untuk mengurangi kelembaban maka harus ada sirkulasi udara yang baik. Lalu bagaimana bilamana kamar mandi tidak punya jendela tapi penghuninya akan merasa nyaman menggunakan kamar mandi?

Anda bisa memasang exhaust fan. Exhaust fan ialah kipas angin yang diset untuk memasukkan atau mengeluarkan udara ke area lain. Pasanglah exhaust fan di plafon kamar mandi, jangan lupa beri jalusi (atau kisi-kisi) pada tembok untuk pertukaran udara. Ada tips lain yaitu  dengan mempergunakan buangan AC. Udara hasil buangan AC  bisa dipakai untuk mengurangi kelambaban yang diakibatkan oleh air. AC yang digunakan adalah AC kamar tidur yang letaknya dekat dengan kamar mandi.

Menurut arsitek Djuhara, untuk mendesain bangunan di tanah tropis, dianjurkan memikirkan ventilasi silang supaya udara mengalir. Pada bangunan hijau juga disebutkan ukurannya untuk udara mengalir adalah 1 meter per detik. Biasanya seorang arsitek akan buat lubang yang posisinya berhadapan.

Related Post

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *