Ini Alasannya Lebih Baik Gunakan Toilet Jongkok Dibandingkan Toilet Duduk – Home Cleaning

Ini Alasannya Lebih Baik Gunakan Toilet Jongkok Dibandingkan Toilet Duduk

Toilet Jongkok atau Duduk

Toilet Jongkok atau DudukHome Cleaning – Toilet atau jamban adalah yang paling dibutuhkan manusia untuk keperluan buang air besar maupun kecil di masyarakat modern ini. Pastikan sebelum gunakan toilet tentang kebersihan, ketersediaan air, higienitas serta kenyamanannya. Kebiasaan cara buang air kecil atau kencing bagi wanita adalah umumnya berjongkok sedangkan pria berdiri walau ini tidak disarankan baik oleh medis maupun agamis (Islam).

Ada dua macam tipe toilet yang umum dipakai di dunia. Di negara Asia seperti Indonesia umumnya memakai toilet jongkok walau ada seperti di kota-kota besar memakai toilet duduk. Tapi tahukah Anda bahwa toilet jongkok lebih baik kita gunakan dibandingkan dengan model toilet duduk? Berikut alasannya.

Toilet jongkok ternyata lebih alami, sehat dan nyaman. Toilet model ini pun bisa memengaruhi kelancaran Anda saat buang air besar (BAB), mengurangi sembelit, kembung, dan gas, menurunkan insiden dan gejala wasir; meningkatkan kesehatan usus besar secara keseluruhan otot panggul dan kontrol kandung kemih menjadi lebih baik serta mengurangi ketegangan dan proses BAB menjadi lebih cepat jug melindungi saraf yang mengontrol prostat, kandung kemih dan uterus kerusakan.

Kenapa toilet jongkok lebih menyehatkan? Ini karena adanya peningkatan sudut anorektal, yakni tabung yang dilalui tinja untuk keluar dari tubuh yang membantu mencegah stagnasi tinja sebagai faktor utama dalam kanker usus besar, usus buntu dan penyakit inflamasi usus.  Toilet jongkok lebih higienis karena tidak terjadi kontak langsung antara tubuh (pantat) dengan toilet itu sendiri yang mengakibatkan resiko infeksi saluran kencing dan kelamin terutama pada wanita akibat perpindahan jamur, kuman dan bakteri. Toilet jongkok juga dapat melatih kekuatan kaki dan otot kaki, melatih otot menahan berat badan dan melatih otot dasar panggul. Wah ternyata banyak juga manfaat dari toilet jongkok, ya!

Masih ada lagi, Toilet jongkok berarti si pemakainya tentu saja berjongkok. Hal ini menjadikan otot paha untuk mendukung usus mengeluarkan kotoran dan mencegah ketegangan. Harap waspada, tegang kronis di toilet dapat menyebabkan hernia, diverticulosis, dan prolaps organ panggul.

Posisi jongkok yang Anda harus ketahui dapat membantu otot puborectalis lebih rileks, mengurangi jumlah ketegangan yang diperlukan untuk evakuasi tinja. Otot ini sangat penting untuk aktivitas sehari-hari karena mengontrol ketegangan perut, tetapi dapat menjadi penghalang ketika tiba saatnya buang air besar.

Sssst! Bagi wanita hamil,posisi berjongkok saat buang air besar menghindari tekanan pada rahim saat menggunakan toilet. Seringnya Anda berjongkok membantu mempersiapkan kelahiran bayi Anda lebih alami. Tidak mau kan bayi Anda dilahirkan secara operasi caesar gara-gara sering menggunakan toilet duduk saat buang hajat. So, pilih mana toilet duduk atau jongkok?

 

Related Post

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *