Kolam Ikan Di Rumah Minimalis – Home Cleaning

Kolam Ikan Di Rumah Minimalis

Kolam Ikan Di Rumah Minimalis

Home Cleaning – Kolam ikan merupakan salah satu media yang dapat mempercantik dekorasi rumah, baik di halaman rumah maupun di dalam rumah. Selain itu, keberadaan kolam ikan yang indah juga dapat membuat penghuninya selalu fresh, karena keindahan penghuni kolam dan gemericik airnya bak kesegaran alami pegunungan. Tentunya. untuk membuat kolam ikan harus disesuaikan dengan lokasi yang tersedia,. Lokasinya ada di luar rumah (halaman) atau ada di dalam rumah itu sendiri. Berikut yang perlu diperhatikan sebelum membuat kolam ikan di rumah minimalis.

Desain

Tentukan model kolam ikan sesuai keinginan namun harus menyesuaikan dengan rumah minimalis yang Anda tinggal agar antara kolam dan rumah terlihat serasi. Desain yang paling sederhana adalah kolam ikan yang berbentuk kotak karena biasanya desain rumah minimalis umumnya berbentuk kotak pula. Penambahan dekorasi batu alam memiliki nilai tersendiri.

Ukuran

Seberapa besar bentuk kolam yang akan Anda buat tentunya harus sudah diperhitungkan dengan letak dan ukuran lahan penempatan kolam ikan tersebut. Pilihlah letak kolam yang serasi dengan pekarangan rumah. Usahakan kolam tidak menghalangi jalur aktvitas; sehari-hari Anda. Ingat juga bahwa letak kolam yang tidak sesuai akan member kesan nberantakan dan semacam menjadi penghalang tata letak rumah yang nyaman.

Bahan

Bahan yang diperlukan untuk membuat kolam tentunya sudah Anda perkirakan. Bila Anda tidak ahli dalam membuat bangunan, lebih baik cari tukang untuk membuat kolam ikan. Sebab, kolam nantinya akan diisi air. bila pengerjaannya kurang bagus bukan tak mungkin kolam akan cepat bocor. Usahakan bahan yang bagus untuk membuat kolam agar tidak repot di kemudian hari. Perlu diingat juga peletakan dekorasi tambahan seperti batu alam atau hiasan kolam yang sekiranya sulit untuk dibersihkan agar dihindari karena akan membebani pekerjaan rumah Anda di suatu hari.

Perawatan

Setelah kolam ikan digunakan, jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin agar kolam terlihat berslh dan rapi serta ikan Anda pun ikut sehat. Untuk mempermudah perawatannya Anda harus mempunyai alat tambahan, sehingga kolam ikan tak mudah kotor dan penghuninya tak mudah terserang penyakit Alat yang biasa digunakan adalah filter air yang diletakkan di dalam kolam. Alat filter ini berfungsi untuk menyaring kotoran-kotoran yang terdapat air kolam sehingga air tidak cepat surut, sementara oksigen di dalam air terus menerus tersedia. Sesuaikan kebutuhan filter dengan ukuran kolam. semakin besar kolam yang Anda bangun maka Anda juga perlu menggunakan filter banyak atau lebih besar. Pakailah sikat kecil (sikat gigi) untuk membersihkan sela yang sulit dijangkau.

Penghuni

Binatang apa saja pada kolam ikan yang telah dibuat. Ada yang suka dengan ikan air tawar atau ikan hias air laut. Atur kemampuan Anda dalam merawat binatang tersebut, agar ikan yang Anda pelihara tidak mudah mati. Bila Anda orang awam yang belum banyak tahu tentang ikan, alangkah baiknya memelihara ikan air tawar dan pilihlah ikan yang mempunyai daya tahan kuat, seperti ikan nila, ikan mas, dan lain-lain. Selamat membuat kolam ikan.

Related Post

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *